PROPOLIS DIAMOND

Adalah tidak berlebihan
jika ada yang mengatakan,
jika Anda membawa satu botol kecil
Propolis Diamond sama saja Anda ...

membawa OBAT SATU APOTIK !



Senin, 06 Mei 2013

Meluruskan Anggapan Keliru Tentang Food Combining

Seberapa besar zat gizi yang dapat kita peroleh dari makanan ; erat hubungannya dengan kapan kita makan dan apa yang kita makan. Pola makan yang tepat dan serasi dengan sifat alamiah tubuh seperti Food Combining, adalah salah satu solusi yang dapat membantu meningkatkan kwalitas metabolisme makanan.

SUDAH hampir 3 tahun (Mei 1999) sejak FC pertama kali diperkenalkan di majalah Nirmala. Sejak itu pula telah banyak orang yang menerapkannya dengan berbagai tujuan dan hasil yang berbeda; ada yang sukses, menjadi lebih sehat dengan bonus tubuh yang langsing. Namun dalam kurun waktu itu masih banyak pula keraguan dan kesimpangsiuran mengenai prinsip-prinsip FC.

Pertanyaan-pertanyaan berikut merupakan kumpulan berbagai pertanyaan seputar FC, mulai dari peminat, pemula, pengikut setia sampai mereka yang resisten terhadap pola makan ini. Kebanyakan orang yang enggan menerima konsep FC adalah mereka yang mengira FC sebagai ide baru diet menurunkan berat badan, dan mereka yang menganggap kombinasi nasi dengan berbagai lauk protein hewani sebagai kebiasaan yang sungguh alamiah dan sudah lama dilakukan manusia.

Sebetulnya, justru menu lengkap yang terdiri dari berjenis-jenis makanan adalah kebiasaan yang baru dilakukan manusia selama 150 tahunan terakhir. Pola makan orang sebelum itu lebih sederhana dan tentu saja lebih alami. Itu sebabnya mengapa kebanyakan orang dulu berusia panjang. Kebanyakan penyebab kematian pada masa itu adalah penyakit infeksi akibat kurang mengerti masalah kebersihan.

Makan tiga kali sehari juga merupakan kebiasaan masyarakat modern. Orang dulu paling banyak makan hanya dua kali sehari. Mereka bahkan sering melakukan puasa. Di masa itu berpuasa dilakukan untuk meningkatkan kesaktian atau kekuatan batin. Kini memang terbukti bahwa baik berpuasa maupun pola makan alami seperti FC ini ternyata tidak membuat tubuh lemah, tetapi sebaliknya semakin sehat, kuat dan energik.

Banyak kebiasaan makan kita yang sudah tidak masuk akal dan perlu diluruskan kembali. seperti kebiasaan makan makanan berat di pagi hari, makanan segar harus dimasak untuk mematikan kuman, mengkonsumsi protein hewani melebihi kebutuhan, memasukan makanan olahan yang carat zat tambahan sintetis ke dalam menu sehari-hari dsb.

Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dimaksudkan untuk meluruskan pemikiran yang keliru tentang FC.


Tanya :

Saya berminat mengikuti FC karena saya dengar FC merupakan diet paling baik untuk menurunkan berat badan. Benarkah?

Jawab :

FC adalah pola makan yang diprogram berdasarkan keselarasan antara fisiologi dan proses pencernaan dengan komposisi kimiawi pada makanan. Tujuannya adalah meringankan beban pencernaan dengan cara melancarkan proses pencernaan, penyerapan, dan asimilasi makanan serta pembuangan sisa makanan.
Dengan kata lain, FC membantu menjaga keseimbangan metabolisme di dalam tubuh. Jika metabolisme baik, tubuh tidak mudah sakit apalagi kelebihan berat badan. Terjadinya penurunan berat badan pada program FC lebih merupakan efek samping dan itu pun tidak selalu terjadi pada setiap orang. Penurunan berat badan pada FC juga merupakan efek pengurangan toksin (zat racun) dari dalam tubuh, bukan cuma lemak.

FC bukan yang terbaik bagi setiap orang, tetapi hanya salah satu solusi diet yang terbukti aman dan hasilnya tahan lama dalam menjaga kesehatan tubuh secara alamiah. Tetapi dengan catatan: Jika dijalankan dengan benar.



Tanya :

Mengapa tidak boleh mencampur protein (daging) don karbohidrat (nasi) ?

Jawab :

Yang tidak dianjurkan dalam FC adalah kombinasi makanan tinggi protein dengan makanan tinggi karbohidrat (dalam hal ini yang dimaksud adalah pati) dalam jumlah/porsi yang masing masing besar. Semua makanan pati mengandung protein, tetapi umumnya dalam jumlah yang sangat kecil. Jika porsi protein dan karbohidrat sangat kecil, misalnya masing-masing hanya dua sendok makan, kombinasi ini tidak akan menimbulkan masalah karena toleransi tubuh terhadap makanan dan pola makan yang tidak serasi cukup tinggi. Kombinasi kedua makanan ini baru menimbulkan gangguan pada pencernaan jika porsi masing-masing besar dan mengisi lebih dari separuh kapasitas lambung. Dan bukankah ini yang terjadi setiap kali Anda makan siang atau malam?

Selain itu dalam FC dipertimbangkan pula tempat proses pencernaan dan pH (tingkat keasaman) yang diperlukan enzim agar bisa bekerja secara efektif. Pati dan protein mengalami proses pencernaan awal di tempat yang berbeda. Pati dimulai di mulut oleh enzim ptyalin dari kelenjar ludah mulut. Enzim ini memerlukan pH 5.5-7. Ketika gula yang terurai dari pati sampai ke lambung, zat ini distabilkan oleh asam lambung untuk mencegah terjadinya fermentasi gula. Tidak ada proses lebih lanjut pada pati di lambung. Sedangkan protein, setelah dikunyah, baru mulai dicerna di lambung oleh enzim-enzim pepsin yang memerlukan pH 2-4.


Sekarang, marilah kita melihat apa yang terjadi jika kombinasi makanan tidak serasi, misalnya Anda makan siang nasi dan ayam goreng.






Jika lambung kepenuhan dengan kedua makanan ini, aktivitas lambung menjadi lamban dan sebagian zat gula (hasil penguraian karbohidrat) tidak tersentuh asam lambung sehingga terjadi fermentasi. Fermentasi ini menyebabkan proses pencernaan protein menjadi tidak sempurna.
Jika pencernaan di lambung tidak sempurna, tahap pencernaan selanjutnya akan semakin sulit. pencernaan makanan sebagian besar disempurnakan di usus dua belas jari dan usus halus dengan bantuan enzim-enzim dari pankreas (kelenjar ludah perut). Setiap makanan dicerna oleh jenis enzim berbeda. Enzim amylase untuk mencernakan pati, enzim-enzim trypsin, chymotrypsin dan dipeptidose untuk protein, dan enzim lipase untuk lemak. Enzim-enzim ini berfungsi optimal pada pH 6.5 - 8. Sayangnya pankreas tidak dapat mengeluarkan semua enzim sekaligus, melainkan satu demi satu sesuai dengan proporsi zat-zat gizi pada makanan. Karena itu pankreas harus bekerja ekstra keras jika pada saat yang sama sejumlah besar protein, pati dan lemak masuk ke usus dua belas jari. Jika ini terjadi terus menerus, beban berlebihan pada pankreas dapat menyebabkan peradangan dan gangguan pada fungsi pankreas. Gangguan ini dapat mengarah ke penyakit diabetes karena pankreas juga bertanggung jawab memproduksi insulin dan glukagon (hormon-hormon yang mengendalikan glukosa dalam darah).



Tanya :

Saya suka cake. Bolehkah saga makan Black Forest Cake? Bagaimana menyiasatinya ?

Jawab :

Berdasarkan aturan FC, kandungan bahan-bahan yang dipakai untuk membuat cake banyak yang tidak serasi satu sama lain, yaitu pati (terigu), telur, susu, manisan buah, gula, dan mentega. Karena toleransi tubuh cukup tinggi, kombinasi seperti ini tidak terlalu menimbulkan masalah selama tidak dikonsumsi berlebihan-lebihan dan terus menerus. Seperti penjelasan saya pada kombinasi nasi dan ayam goreng, pankreas akan terbebani secara berlebihan. Sekali-sekali boleh saja. Tapi perlu Anda sadari, gangguan kesehatan akan timbul jika terlalu sering makan cake. Cake boleh disantap sekali-sekali (sekali seminggu pada week-end di sore hari sesudah minum/makan buah).


Tanya :

Suami saya pening kepalanya kalau hanya sarapan buah. Dia ingin ikut FC, bolehkah dia sarapan roti dan/atau telur rebus setelah buah ?

Jawab :

Bagi pemula sebaiknya dibiasakan dahulu selama satu – dua minggu hanya mengkonsumsi buah sepanjang pagi. Sakit kepala merupakan reaksi alamiah yang dapat terjadi pada setiap awal program. Karena pada FC juga berlangsung proses pengeluaran racun/ detoksifikasi, berbagai gejala mirip penyakit akan muncul pada hari ketiga dan keempat, yang dalam konsep kesehatan alamiah disebut krisis penyembuhan (healing crises) atau dalam pengobatan modern disebut gejala kemunduran (withdrawal symptoms).

Jika tubuh sudah mulai terasa nyaman dan ringan, boleh saja sekali-sekali mengkonsumsi roti/telur rebus setelah minum/makan buah. Untuk roti sebaiknya pilih roti dari gandum utuh (whole wheat) dan dipanggang untuk mematikan aktivitas raginya.

Sakit kepala di pagi hari juga dapat disebabkan pasokan gula ke otak tidak cukup sehingga otak kekurangan energi. Gula yang terdapat dalam roti putih dan aneka selai sering menyebabkan fluktuasi glukosa ke otak tidak stabil. Ini yang menyebabkan rasa pening.

Roti whole wheat boleh dimakan dengan sedikit keju (pilih yang rendah lemak/keju kurus) atau dengan sedikit telur, tetapi harus ditambahkan banyak sayuran segar seperti daun selada dan mentimun. Sayuran penting untuk menjaga keseimbangan asam/ basa tubuh. Telur juga sebaiknya dikonsumsi matang karena putih telur yang tidak matang dapat menghambat penyerapan zat gizi tertentu di dalam tubuh.



Tanya :

Saya orang Jawa Timur, bagaimana kalau kepingin nasi rawon atau rujak cingur. Betulkah orang ber-FC tidak bakal bisa menikmatinya ?


Jawab :

Tidak ada larangan untuk mengkonsumsi makanan seperti itu selama tidak dikonsumsi berlebihan dan terus menerus. Pola makan apa pun yang Anda ikuti, hanya Anda sendiri yang bisa merasakan apa yang terjadi di dalam tubuh Anda. Jika setelah makan nasi rawon atau rujak cingur perut Anda terasa tidak nyaman (kembung, panas dalam) sebaiknya kegemaran Anda ini tidak dilakukan terlalu sering.

Jika Anda menyukai rawon, sesekali Anda bisa membuat rawon sayuran saja yang akan lebih cocok jika dikombinasi dengan nasi.



Tanya :

Apakah bisa kekurangan energi jika pagi hari hanya makan buah?

Jawab :

Buah kaya dengan gula (alami) yang justru merupakan sumber energi yang paling mudah diolah dan diserap oleh tubuh. Karena mudah dicerna, gula dari buah dapat memasok energi ke otak hanya dalam satu jam saja. Bandingkan dengan makanan lain seperti roti/nasi (pati) atau daging/telur (protein) yang proses pencernaannya makan waktu antara 3 sampai 8 jam, tergantung kadar lemak yang ikut bersama makanan. Jadi jika Anda sarapan nasi goreng lengkap dengan telur ceplok, krupuk dan ayam goreng, tubuh Anda semakin tidak memperoleh apa-apa dari makanan tersebut, selain ampas makanan yang tidak tercerna dan busuk. Tidak heran jika sebelum tengah hari Anda mulai merasa mengantuk atau lapar lagi.

Di pagi hari, begitu bangun tidur, kadar serotonin (hormon pengatur pola makan, pola tidur, konsentrasi dsb) di otak cenderung berkurang. Kondisi ini menyebabkan kita mudah ngantuk, sulit berfikir, dan mudah lapar. Dalam hal ini gula berperan dalam pembentukan serotonin dengan cara membantu meningkatkan masuknya asam amino tryptophon ke otak. Ttyptophon adalah prekursor hormon serotonin.
Yang membedakan gula buah dengan gula biasa adalah kandungan zat-zat gizi seperti vitamin B6, kromium dan serat dalam gula buah. Zat-zat ini bermanfaat mengendalikan laju gula ke otak. Gula biasa tidak memiliki zat gizi apa pun sehingga tidak ada yang mengendalikan laju metabolismenya. Secara tidak langsung buah turut menjaga keseimbangan serotonin di otak.

Pengeluaran enzim pencerna dan proses pencernaan makanan merupakan aktivitas yang juga memakai banyak energi. Buah menghemat energi tubuh karena memiliki enzim clan dicerna oleh enzimnya sendiri.



Tanya :

Apakah FC dapat membuat orang lemas / tidak berenergi akibat kekurangan gizi ?

Jawab :

FC tidak mungkin membuat orang lemas/tidak berenergi akibat kekurangan gizi, kecuali jika cara mempraktikkannya tidak benar. Banyak orang mengaku ikut program FC, tetapi ternyata sama sekali lain. FC membantu kelancaran proses pencernaan, penyerapan dan pembuangan agar keseimbangan metabolisme tetap terjaga. Jika metabolisme balk, masukan gizi akan meningkat dan sebaliknya produk sampah sisa-sisa makanan dan proses metabolisme akan
berkurang. Sebagian energi berasal dari zat gizi makanan. Jadi semakin banyak zat gizi yang dapat kita peroleh dari makanan, semakin banyak energi yang dapat kita himpun melalui pola makan ini. Jumlah kalori pada pola makan FC dalam sehari, setelah dihitung ternyata cukup untuk aktivitas normal orang dewasa. Karena itu tidak ada alasan untuk takut mengikuti pola makan FC ini.


Tanya :

Bagaimana kalau saya ke pesta atau diundang makan? Apakah saya harus tetap makan cara FC? Bagaimana cara menyiasatinya supaya tidak kelihatan aneh.

Jawab :

Ke pesta prasmanan umumnya lebih mudah karena begitu banyak hidangan tersedia. Dalam hal ini kita bisa memilih jenis makanan yang cocok dengan aturan FC. Seandainya tetap sulit, sebaiknya Anda makan saja apa yang ada. Tidak dianjurkan menunda waktu makan, karena terlambat makan justru dapat menimbulkan masalah baru. Makan saja apa yang tersedia, tetapi sebaiknya bukan makanan tinggi lemak dan tinggi gula. Kalaupun ingin boleh saja asal tidak terlalu banyak.

Begitu juga halnya di tempat pesta, jika tidak ada pilihan makan saja apa yang telah disedikan tuan/nyonya rumah. Program FC tinggal dilanjutkan pada jam/waktu makan berikutnya. Jika diundang ke suatu restoran dimana setiap tamu boleh menentukan sendiri makanan yang diinginkan akan lebih mudah lagi bagi Anda. Anda tinggal pilih: menu protein atau menu pati. Jika tertarik masakan steak, Anda bisa minta pada pihak restoran untuk mengganti kentangnya dengan ekstra sayuran hijau atau salad misalnya.


Semoga Bermanfaat.
Terima Kasih, Salam Sukses untuk Anda !

Rachmadi Triatmojo
Pengelola terapi-alami.com

http://www.terapi-alami.com
gaya hidup sehat alami masyarakat masadepan (baca : islami)

Sumber : Majalah Nirmala Maret 2002

NB : Jika anda suka posting artikel ini, silakan share ke teman FACEBOOK Anda. Cukup dengan meng-KLIK link ini ! Terimakasih.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Terapi Alami Herbal Pilihan
Kopi Racik Bumbu Arab (KRBA)
Rp 150.000,-
 Rp 135.000 ,- (2-5 botol)
Rp 120.000 ,- (6-10 botol)
Rp 112.500 ,- (11 botol ke atas)

   
Kapsul
 Sarang Semut Kapsul Sarang Semut

 P. Jawa Rp 75.000,-
Luar P. Jawa Rp 80.000 ,-


   
Gamat HIU
(Herbal Indo Utama)

 P. Jawa Rp 75.000,-
Luar P. Jawa Rp 80.000 ,-


   

Orimarru


Rp 150.000,-


   
Madu Hitam Pahit
Ar Rohmah
Madu Hitam Pahit Ar Rohmah
 Rp 85.000,-
 Rp 76.500 ,- (2-5 botol)
Rp 68.000 ,- (6-10 botol)
Rp 63.750 ,- (11 botol dst)

   
Madu Hitam Pahit Insuline
Darusyifa
Madu Hitam Pahit Insuline Darusyifa

 Rp 75.000,-
 Rp 67.500 ,- (2-5 botol)
Rp 60.000 ,- (6 botol dst)

   
Kopi Racik Bumbu Arab (KRBA)
Rp 150.000,-
 Rp 135.000 ,- (2-5 botol)
Rp 120.000 ,- (6-10 botol)
Rp 112.500 ,- (11 botol ke atas)

   
Kapsul
 Sarang Semut Kapsul Sarang Semut

 P. Jawa Rp 75.000,-
Luar P. Jawa Rp 80.000 ,-


   
Gamat HIU
(Herbal Indo Utama)

 P. Jawa Rp 75.000,-
Luar P. Jawa Rp 80.000 ,-


   

Orimarru


Rp 150.000,-


   
Madu Hitam Pahit
Ar Rohmah
Madu Hitam Pahit Ar Rohmah
 Rp 85.000,-
 Rp 76.500 ,- (2-5 botol)
Rp 68.000 ,- (6-10 botol)
Rp 63.750 ,- (11 botol dst)

   
Madu Hitam Pahit Insuline
Darusyifa
Madu Hitam Pahit Insuline Darusyifa

 Rp 75.000,-
 Rp 67.500 ,- (2-5 botol)
Rp 60.000 ,- (6 botol dst)

   
Kopi Racik Bumbu Arab (KRBA)
Rp 150.000,-
 Rp 135.000 ,- (2-5 botol)
Rp 120.000 ,- (6-10 botol)
Rp 112.500 ,- (11 botol ke atas)

   
Kapsul
 Sarang Semut Kapsul Sarang Semut

 P. Jawa Rp 75.000,-
Luar P. Jawa Rp 80.000 ,-


   
Gamat HIU
(Herbal Indo Utama)

 P. Jawa Rp 75.000,-
Luar P. Jawa Rp 80.000 ,-


   

Orimarru


Rp 150.000,-


   
Madu Hitam Pahit
Ar Rohmah
Madu Hitam Pahit Ar Rohmah
 Rp 85.000,-
 Rp 76.500 ,- (2-5 botol)
Rp 68.000 ,- (6-10 botol)
Rp 63.750 ,- (11 botol dst)

   
Madu Hitam Pahit Insuline
Darusyifa
Madu Hitam Pahit Insuline Darusyifa

 Rp 75.000,-
 Rp 67.500 ,- (2-5 botol)
Rp 60.000 ,- (6 botol dst)

   
Kopi Racik Bumbu Arab (KRBA)
Rp 150.000,-
 Rp 135.000 ,- (2-5 botol)
Rp 120.000 ,- (6-10 botol)
Rp 112.500 ,- (11 botol ke atas)

   
Kapsul
 Sarang Semut Kapsul Sarang Semut

 P. Jawa Rp 75.000,-
Luar P. Jawa Rp 80.000 ,-


   
Gamat HIU
(Herbal Indo Utama)

 P. Jawa Rp 75.000,-
Luar P. Jawa Rp 80.000 ,-


   

Orimarru


Rp 150.000,-


   
Madu Hitam Pahit
Ar Rohmah
Madu Hitam Pahit Ar Rohmah
 Rp 85.000,-
 Rp 76.500 ,- (2-5 botol)
Rp 68.000 ,- (6-10 botol)
Rp 63.750 ,- (11 botol dst)

   
Madu Hitam Pahit Insuline
Darusyifa
Madu Hitam Pahit Insuline Darusyifa

 Rp 75.000,-
 Rp 67.500 ,- (2-5 botol)
Rp 60.000 ,- (6 botol dst)

   
PANDUAN DENAH
PANDUAN DENAH