PROPOLIS DIAMOND

Adalah tidak berlebihan
jika ada yang mengatakan,
jika Anda membawa satu botol kecil
Propolis Diamond sama saja Anda ...

membawa OBAT SATU APOTIK !



Minggu, 21 April 2013

Menguak Rahasia Kulit Cantik Alami

Fungsi kulit bagi tubuh ibarat dinding pada sebuah bangunan. Untuk mendapatkan dinding yang kokoh, tidak cukup hanya memoleskan cat dari luar saja. Demikian halnya dengan kulit. Untuk memiliki kulit yang sehat, perawatan dari dalam tubuh tidak kalah penting.

           Siapa yang tidak ingin mempunyai kulit bersih, sehat, berkilau? Tidak hanya pemilik kulit yang senang, tetapi orang lain yang halal (baca : mahram)  memandangnya pun pasti mengaguminya. Nah, apa rahasianya? Silakan simak langkah-langkah penting berikut ini.



1. Tidur malam yang cukup

           Adakah kaitan antara cukup tidur dan kulit sehat? Ternyata ada. Untuk memiliki kulit yang sehat, kita harus punya waktu untuk tidur.

Sesekali perhatikanlah di cermin. Mata Anda bengkak, atau ada 'kantong' yang terbentuk di bawah mata? Itu menandakan Anda tidak cukup tidur. Kurang tidur cenderung membuat kulit tampak pucat, kusam dan secara keseluruhan tidak sehat.

           Pada waktu kita tidur malam hari, diproduksi hormon melatonin yang penting untuk regenerasi dan perbaikan sel-sel di seluruh tubuh. Hormon tersebut merupakan antioksidan yang kuat dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Hormon ini dikenal sebagai anti aging hormone yang berkhasiat menunda proses penuaan.
           Hampir semua orang dewasa membutuhkan tidur selama 7-8 jam setiap malam.

Menjadwalkan waktu tidur tertentu secara rutin sangat balk, apalagi pada saat hendak memejamkan mata, Anda terlebih dahulu meredupkan lampu kamar. Lampu yang redup dapat merilekskan ketegangan otak Anda dan merangsang pengeluaran hormon melatonin.

           Jika Anda sulit tidur, sesekali boleh juga membaca buku ringan (jangan yang menyangkut pekerjaan), meneguk secangkir teh herba hangat, atau berendam / mandi air panas tidak lebih dari 20 menit.

         Tidak bisa tidur pada malam hari biasanya karena perasaan cemas, takut menghadapi hari esok, terlalu banyak mengkonsumsi kafein, atau terlalu banyak makan. Padahal, tidur pada malam hari sangat menyehatkan dan tidak bisa tergantikan dengan tidur di siang hari, karena hormon melatonin hanya diproduksi pada malam hari mulai pukul 18.00 dan mencapai maksimum pada pukul 24.00 kemudian menghilang pada pukul 04.00. Sehingga ketika bangun pagi Anda akan merasa penuh energi, mata kembali berbinar, dan siap untuk berkarya.


2. Memilih bahan perawatan yang cocok

         Kulit seperti halnya dinding yang menyelimuti tubuh. Dinding tersebut bisa menampung kotoran. Apabila kotoran didiamkan dan tidak segera dimusnahkan akan menumpuk dari hari ke hari.

          Pemakaian make up, misalnya baik untuk kecantikan, tetapi juga bisa menimbulkan jerawat. Perhatikan bahan-bahan yang terkandung dalam kosmetik Anda. Sebaiknya gunakan bahan alami yang bersifat hipo-alergenik.

          Demikian juga pemakaian sabun dan krem. Sabun biasa mengenyahkan minyak-minyak pelindung (protective oil) dan merusak mantel asam kulit, sehingga menyebabkan kulit menjadi sensitif. Sebaiknya pilih sabun yang sedikit asam (4,5 – 5,5) atau pH netral (7).

           Jika kulit Anda kasar, hentikan pemakaian sabun selama seminggu. Gunakan hanya air hangat (bukan air panas) dan handuk kecil yang berserat lembut (waslap) dilanjutkan dengan memercikan air dingin ke wajah Anda.

          Ganti sabun dengan yang berbahan dasar gliserin. jika kulit Anda kering, cobalah sabun yang mengandung vitamin E, lidah buaya (aloe), atau chamomile.


3. Mengkonsumsi serat

          Kulit merupakan salah satu dari organ pengeluaran atau organ pembersihan yang utama. Dengan demikian berarti kulit membantu mengeluarkan toksin (kotoran-kotoran tubuh). Ketika organ-organ dalam seperti pencernaan, liver, dan ginjal, bermasalah, tugas kulit mengeluarkan toksin lebih berat. Liver yang terbebani, pencernaan atau penyerapan yang buruk, atau ginjal yang bekerja terlalu berat, menyebabkan banyak kotoran dikeluarkan dari tubuh melalui kulit. Ditandai dengan timbulnya kotoran (jerawat atau bintik-bintik) pada kulit dan munculnya berbagai gangguan kulit.

          Pencernaan yang tidak lancar dapat membuat kulit tampak kusam keabu-abuan dan menua.

          Konsumsi makanan berserat tinggi seperti kacang-kacangan, sayur mayur, dan buah-buahan; karbohidrat berserat tinggi seperti beras merah, roti gandum, dan polong-polongan.

           Mengkonsumsi makanan tersebut apabila disertai dengan olahraga teratur minimal 3 kali seminggu (masing-masing 30 menit), mempunyai efek langsung pada kulit, yakni mencerahkan kulit dan mengurangi gangguan pada kulit.

           Vitamin A terutama yang berasal dari tumbuhan (betakaroten) penting untuk membangun dan memperbaiki jaringan kulit. Kekurangan vitamin A menyebabkan kulit kering, gatal, dan kehilangan elastisitasnya. Betakaroten dapat ditemukan pada sayuran dan buah-buahan berwarna seperti wortel, bayam, brokoli, dan aprikot.

           Vitamin C selain sebagai antioksidan juga diperlukan untuk memproduksi kolagen, menjaga kekencangan kulit, dan menguatkan dinding pembuluh darah kulit. Dapat ditemukan pada buah stroberi, berbagai jenis jeruk, kubis (kol), tomat, dan selada air.

           Vitamin E merupakan vitamin antioksidan yang dapat menetralisasi radikal bebas (molekul-molekul reaksi tinggi yang dapat menyebabkan penuaan). Dapat diperoleh dari almonds, hazelnuts, dan biji gandum.

          Unsur seng bekerja dengan vitamin A membentuk kolagen dan elastin, yaitu serat-serat yang membuat kulit kuat, elastis, dan kencang.


4. Minum air putih

    Air putih merupakan elemen terpenting dalam menyehatkan kulit. Meskipun makanan kita juga mengandung air, tetapi kita harus minum air putih, minimal dua liter sehari. Sering meneguk air putih dapat mencerahkan kulit. Seperti halnya serat, air membantu organ-organ pembuangan Anda - seperti ginjal dan pencernaan - bekerja lebih efektif. Dengan demikian kulit Anda tidak kotor.

jika Anda kurang suka minum air putih, mulailah dengan jumlah kecil misalnya satu atau dua cangkir, sampai mencapai satu liter per hari.


5. Mengkonsumsi asam lemak

          Makanlah lemak untuk kulit Anda. Tetapi jika terlalu banyak makan lemak yang 'salah' justru mengundang berbagai penyakit singgah di tubuh kita, seperti penyakit jantung koroner, tekanan darah tinggi, obesitas, kanker, dan kolesterol tinggi. Namun bukan berarti tubuh kita tidak membutuhkannya. Lemak digunakan untuk membentuk hormon, sel membran, menjaga ginjal agar tetap bekerja. Selain itu, lemak adalah 'bahan bakar' jantung, menjaga terjadinya peradangan (inflamasi), memperlancar aliran oksigen ke seluruh tubuh. Lemak bermanfaat tersebut bernama asam lemak esensial (essensial fatty acids).

           Minimalkan masukan lemak yang tidak bermanfaat, yakni lemak jenuh yang berasal dari hewan, seperti daging, kulit unggas, dan susu, serta lemak hydrogenated atau sebagian hydrogenated seperti margarin.

           Kekurangan asam lemak esensial mengakibatkan kulit mengering, rambut kering, dan kuku mudah patah.Penuhi kebutuhan asam lemak esensial dengan mengkonsumsi makanan seperti whole grains, kacang-kacangan mentah yang tidak asin, biji-bijian, dan polong-polongan.

           Sesekali tambahkan satu atau dua sendok makan minyak flax seed ke makanan Anda , baik ke dalam salad dressing yang Anda buat sendiri atau langsung diminum. Ini juga baik untuk mencerahkan kulit.


6. Memenuhi kekurangan nutrisi

          Kulit yang cantik membutuhkan nutrisi pelengkap. Jika kulit kekurangan nutrisi akan tampak kusam, bersisik, kasar, dan kering. Dalam istilah Kedokteran dikenal dengan follicular hyperkeratosis.

          Kekurangan asam lemak esensial, vitamin B, atau pembersihan yang tidak cukup, juga memperburuk kondisi tersebut. Kulit kering atau bersisik terutama pada kaki, juga menandakan kurangnya konsumsi vitamin A. Untuk menutupi kekurangan tersebut, konsumsilah sayuran berwarna merah, kuning, atau hijau, telur dan minyak cod liver (minyak yang diperoleh dari hati segar ikan paus; sumber yang kaya dengan vitamin A dan D).

          Bintik-bintik penuaan, seperti yang sering terlihat di tangan, terjadi akibat paparan sinar matahari yang merusak sel-sel jaringan kulit dan merangsang produksi pigmen dan jaringan elastin kulit.

           Salah satu cara untuk menghilangkan bintik-bintik penuaan (age spots) yakni dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan. Buah-buahan dan sayur mayur berwarna merah, kuning, orange, dan hijau tua seperti wortel, ubi rambat, labu, brokoli, selada yang kaya akan pigmen antioksidan yang disebut karotenoid.

          Minum suplemen dengan betakaroten (yang dikenal sebagai carotenoids) atau campuran karotenoid dapat membantu. Vitamin C dan E merupakan vitamin antioksidan ditemukan dalam kelompok jeruk, semangka, telur, dan minyak tumbuhan.

            Untuk kulit sensitif yang ditandai dengan munculnya pelebaran pembuluh darah kapiler kulit, dan kulit berbercak merah yang disebut petechioe, minumlah vitamin C dengan dosis ekstra dan bioflavonoid. Vitamin C yang disarankan 1.000 mg per hari dan bioflavonoid 500 mg per hari.

          Sayangnya, salah satu tanda kelebihan vitamin A - kulit kering - merupakan gejala yang sama seperti halnya kekurangan vitamin A. Tanda toksisitas vitamin A yang lain yakni kuku yang mudah patah, rambut rontok, kehilangan selera makan, rasa lelah fisik dan mental berkepanjangan (fatigue), iritabilitas (reaksi yang cepat terhadap rangsang), dan radang gusi. Dosis vitamin A per hari yang cukup untuk pemeliharaan kesehatan yakni 5000 IU – 10.000 IU. Pilihlah suplemen yang bertuliskan betakaroten alami atau natural betacaroten.


7. Menghindari paparan sinar matahari

          Salah satu penyebab utama penuaan kulit yakni sinar matahari. Anda sebaiknya menggunakan tabir surya setiap hari, sepanjang tahun. Kegiatan tersebut akan membantu mencegah kulit menua sebelum waktunya.

          Untuk beberapa alasan, kita memang memerlukan sinar matahari. Matahari membantu kulit untuk memproduksi vitamin D. Untuk alasan ini, sinar matahari bermanfaat bagi tulang.

          Setiap hari 15-20 menit berjalan kaki di luar ruangan (hindari sinar matahari pukul 12.00 – 15.00) direkomendasikan sebagai perawatan untuk beberapa gangguan kulit seperti berjerawat dan psoriasis.

          Untuk menambah perlindungan di bawah paparan sinar matahari, makanlah makanan yang kaya akan antioksidan, karotenoid, flavonoid, serta potasium, seperti buah-buahan dan sayur mayur segar.

           Mengkonsumsi vitamin E dan C juga baik untuk kesehatan kulit.

           Jika dalam keseharian, Anda sering terpapar sinar matahari, oleskan minyak vitamin E atau vitamin E serum langsung pada kulit Anda. Kegiatan ini akan mengurangi timbulnya warna kemerahan pada kulit sekaligus mencegah peradangan yang disebabkan oleh matahari. Cara alami untuk mendinginkan kulit yang terbakar yakni dengan mengoleskan jus lidah buaya (aloe vera juice), oksida seng, dan ekstrak chamomile.


8. Olahraga dan berendam

          Bergerak atau melakukan olahraga yang membuat Anda berkeringat, merupakan salah satu cara untuk membersihkan tubuh sekaligus membersihkan kulit. Lakukan olahraga setiap hari dengan dosis yang cukup. Olahraga bukan hanya menguatkan otot, tetapi membantu membersihkan tubuh dari toksin.

           Mandi dalam bak berisi air hangat, tidak lebih dari 20 menit, merupakan cara mudah mengeluarkan keringat sekaligus membersihkan tubuh. Siapkan satu cangkir teh peppermint untuk merangsang keluarnya keringat. Saat Anda berendam di dalam bak, tuangkan secangkir teh chamomile ke bak mandi. Anda akan merasa lebih rileks. Metode ini juga bermanfaat untuk melemaskan otot yang tegang dan tulang sendi yang sakit.

            Hati-hati berendam jika Anda sangat lemas, anemia, atau memiliki kelainan darah (mudah terjadi perdarahan), atau mengidap penyakit serius.

          Jangan tawarkan teknik ini kepada orang yang sangat tua dan sangat muda tanpa pengawasan dokter.


9. Bersahabat dengan Herbal

           Di samping meminumnya sebagai obat, ternyata beberapa herbal bisa dimanfaatkan sebagai kosmetik. Saat Anda kehabisan produk perawatan kecantikan, pergilah ke dapur atau ke pasar, belilah bahan-bahan berikut ini.

1. Curcumis sotivus atau mentimun yang disayat tipis-tipis dapat menjadi kompres mata yang menyejukkan.

2. Frogorio vesca (stroberi) segar, gosokkan pada kulit akan menyegarkan kulit karena dapat meluruhkan sel-sel kulit mati.

3. Blackheads bisa dihilangkan dengan air tomat (Lycopersicon esculentum)

4. Membasuh kulit normal, bisa menggunakan peppermint (Mentba piperita), sage (Salvia officinalis), dan chamomile (Motricaria recutita)


Semoga Bermanfaat.

Terima Kasih, Salam Sukses untuk Anda !


- dari berbagai sumber -


Rachmadi Triatmojo

Pengelola terapi-alami.com

http://www.terapi-alami.com
gaya hidup sehat alami masyarakat masadepan (baca : islami)


NB : Jika anda suka posting artikel ini, silakan share ke teman FACEBOOK Anda. Cukup dengan meng-KLIK link ini ! Terimakasih.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Terapi Alami Herbal Pilihan
Kopi Racik Bumbu Arab (KRBA)
Rp 150.000,-
 Rp 135.000 ,- (2-5 botol)
Rp 120.000 ,- (6-10 botol)
Rp 112.500 ,- (11 botol ke atas)

   
Kapsul
 Sarang Semut Kapsul Sarang Semut

 P. Jawa Rp 75.000,-
Luar P. Jawa Rp 80.000 ,-


   
Gamat HIU
(Herbal Indo Utama)

 P. Jawa Rp 75.000,-
Luar P. Jawa Rp 80.000 ,-


   

Orimarru


Rp 150.000,-


   
Madu Hitam Pahit
Ar Rohmah
Madu Hitam Pahit Ar Rohmah
 Rp 85.000,-
 Rp 76.500 ,- (2-5 botol)
Rp 68.000 ,- (6-10 botol)
Rp 63.750 ,- (11 botol dst)

   
Madu Hitam Pahit Insuline
Darusyifa
Madu Hitam Pahit Insuline Darusyifa

 Rp 75.000,-
 Rp 67.500 ,- (2-5 botol)
Rp 60.000 ,- (6 botol dst)

   
Kopi Racik Bumbu Arab (KRBA)
Rp 150.000,-
 Rp 135.000 ,- (2-5 botol)
Rp 120.000 ,- (6-10 botol)
Rp 112.500 ,- (11 botol ke atas)

   
Kapsul
 Sarang Semut Kapsul Sarang Semut

 P. Jawa Rp 75.000,-
Luar P. Jawa Rp 80.000 ,-


   
Gamat HIU
(Herbal Indo Utama)

 P. Jawa Rp 75.000,-
Luar P. Jawa Rp 80.000 ,-


   

Orimarru


Rp 150.000,-


   
Madu Hitam Pahit
Ar Rohmah
Madu Hitam Pahit Ar Rohmah
 Rp 85.000,-
 Rp 76.500 ,- (2-5 botol)
Rp 68.000 ,- (6-10 botol)
Rp 63.750 ,- (11 botol dst)

   
Madu Hitam Pahit Insuline
Darusyifa
Madu Hitam Pahit Insuline Darusyifa

 Rp 75.000,-
 Rp 67.500 ,- (2-5 botol)
Rp 60.000 ,- (6 botol dst)

   
Kopi Racik Bumbu Arab (KRBA)
Rp 150.000,-
 Rp 135.000 ,- (2-5 botol)
Rp 120.000 ,- (6-10 botol)
Rp 112.500 ,- (11 botol ke atas)

   
Kapsul
 Sarang Semut Kapsul Sarang Semut

 P. Jawa Rp 75.000,-
Luar P. Jawa Rp 80.000 ,-


   
Gamat HIU
(Herbal Indo Utama)

 P. Jawa Rp 75.000,-
Luar P. Jawa Rp 80.000 ,-


   

Orimarru


Rp 150.000,-


   
Madu Hitam Pahit
Ar Rohmah
Madu Hitam Pahit Ar Rohmah
 Rp 85.000,-
 Rp 76.500 ,- (2-5 botol)
Rp 68.000 ,- (6-10 botol)
Rp 63.750 ,- (11 botol dst)

   
Madu Hitam Pahit Insuline
Darusyifa
Madu Hitam Pahit Insuline Darusyifa

 Rp 75.000,-
 Rp 67.500 ,- (2-5 botol)
Rp 60.000 ,- (6 botol dst)

   
Kopi Racik Bumbu Arab (KRBA)
Rp 150.000,-
 Rp 135.000 ,- (2-5 botol)
Rp 120.000 ,- (6-10 botol)
Rp 112.500 ,- (11 botol ke atas)

   
Kapsul
 Sarang Semut Kapsul Sarang Semut

 P. Jawa Rp 75.000,-
Luar P. Jawa Rp 80.000 ,-


   
Gamat HIU
(Herbal Indo Utama)

 P. Jawa Rp 75.000,-
Luar P. Jawa Rp 80.000 ,-


   

Orimarru


Rp 150.000,-


   
Madu Hitam Pahit
Ar Rohmah
Madu Hitam Pahit Ar Rohmah
 Rp 85.000,-
 Rp 76.500 ,- (2-5 botol)
Rp 68.000 ,- (6-10 botol)
Rp 63.750 ,- (11 botol dst)

   
Madu Hitam Pahit Insuline
Darusyifa
Madu Hitam Pahit Insuline Darusyifa

 Rp 75.000,-
 Rp 67.500 ,- (2-5 botol)
Rp 60.000 ,- (6 botol dst)

   
PANDUAN DENAH
PANDUAN DENAH